Susu Halal yang Sehat untuk Pertumbuhan Anak

3 Jul 2012

sumber: www.frisianflag.com

sumber: www.frisianflag.com

Susu merupakan minuman yang paling menyehatkan diantara jenis minuman lainnya. Bahkan susu juga baik diminum oleh siapapun tanpa batasan umur setiap harinya. Hanya saja kandungan susu akan berbeda untuk setiap tahap perkembangan manusia (bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan tua). Yang tentu saja kandungan susu Si kecil lebih beragam dan kompleks dibandingkan dengan susu dewasa. Hal ini mengingat masa bayi, balita, dan anak-anak adalah masa di mana terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, baik fisik maupun otaknya. Berbeda dengan yang sudah berusia lebih dari 19 tahun di mana sebagian besar proses pertumbuhan telah berhenti. Untuk itulah maka asupan gizi untuk anak yang bersumber dari susu perlu diperhatikan secara serius terutama oleh orang tua.

Untuk mengetahui mana susu yang lebih baik (bubuk, UHT, atau susu olahan lainnya) adalah dengan membaca tabel informasi gizi yang terdapat pada label kemasan dan juga tentunya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi usia yang dimaksud. Namun demikian, susu yang sehat bagi Si kecil idealnya mengandung beberapa gizi berikut ini:

1. Lemak

Lemak mempengaruhi perkembangan dan peforma otak, lebih-lebih di dua tahun pertama kehidupan. DHA (omega 3 fatty acids) dan AA (omega 6 fatty acids) ialah komponen utama pembangun otak serta berpengaruh besar dalam perkembangan maupun terhadap fungsi otak dan retina.

2. Kolin

Kolin merupakan nutrisi penting bagi membran otak dalam meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

3. Seng

Seng berperan dalam memerangi infeksi, untuk pertumbuhan, perkembangan aspek seksualitas dan indera perasa, serta pemulihan luka.

4. Thiamin (Vitamin B1)

Thiamin membantu proses metabolisme karbohidrat serta fungsi-fungsi saraf dan kardio.

5. Sphingomyline

Zat ini memiliki peran dalam proses sinyal sel, transmisi sinyal, serta membawa informasi dari satu sel otak ke sel yang lainnya.

6. Protein

Protein penting karena mendukung perkembangan otak serta membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

  • Tyrosin : membantu pertumbuhan otak (pemprosesan)
  • Tryitophan : berkaitan dengan kepekaan (penyerapan informasi)

7. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama

sumber: www.ibudanbalita.com

sumber: www.ibudanbalita.com

8. Zat Besi

Selain penting bagi anak-anak yang sedang tumbuh, zat besi juga menyehatkan darah.

9. Kalsium

Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta berperan dalam pembentukan darah maupun kontraksi otot.

10. Vitamin A

Vitamin A diperlukan guna menjaga kesehatan kulit dan pertumbuan sel.

11. Vitamin C

Vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi serta penting bagi sistem kekebalan dan pertumbuhan tubuh.

12. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk metabolisme kalsium dan dapat disintesa dari sinar matahari yang diserap oleh kulit.

13. Vitamin E

Vitamin E berperan dalam menghambat kerusakan struktur membran sel.

14. Serat Alami

Serat alami diperlukan sebagai penstimulasi usus agar mengeluarkan sampah atau kotoran secara teratur, penyerapan nutrisi dari makanan terjadi secara bertahap dan teratur, serta meningkatkan imunitas.

15. Isomaltulosa

Berat otak kurang dari 10% total berat tubuh, tetapi otak membutuhkan lebih dari 40% total energi tubuh. Selain itu, otak si Kecil tidak dapat menyimpan energi dan selalu aktif bekerja saat tidur. Isomaltulosa telah teruji klinis mampu memberikan energi lebih lama dan memberikan pengaruh positif pada konsentrasi dan daya ingat Si kecil. Inovasi baru susu dengan Isomaltulosa ini sudah diperkenalkan dalam Frisian Flag 123 dan 456.

Berbicara menyangkut masalah minuman, tentu erat kaitannya dengan status halal atau haram. Status minuman khususnya susu perlu diperhatikan sebab bagaimanapun jika susu itu haram tetap tidak baik dikonsumsi meskipun nilai gizinya lengkap. Penyebab susu menjadi haram sendiri pada dasarnya dapat dipengaruhi berbagai faktor, apalagi pada susu dalam bentuk olahan atau susu formula. Dalam pembuatannya sendiri, susu formula melewati bermacam-macam tahap, entah itu berupa penambahan bahan-bahan lain, pemberian rasa, pasteurisasi, dan lain sebagainya. Maka sudah sebuah kewajiban untuk lebih cermat ketika memilih jenis atau merk susu yang beredar di pasaran.

sumber: www.halalmui.org

sumber: www.halalmui.org

Wakil Direktur LPPOM MUI Bidang Auditing, Ir. Muti Arintawati, M.Si mengungkapkan, dalam susu olahan ada beberapa hal yang mesti dicermati titik kritis keharamannya. Salah satunya adalah bahan yang diperoleh dari proses pembuatan keju dimana melibatkan penggunaan enzim rennet. Enzim ini didapat dari lambung anak sapi. Jika rennet yang digunakan berasal dari sapi yang tidak disembelih secara syariah Islam, maka produk susu yang dihasilkan dapat tercampur bahan yang haram sehingga statusnya juga menjadi haram.

Selain memperhatikan cara penyembelihan hewan (dalam usaha mendapatkan bahan tambahan untuk susu), jenis hewan yang disembelih pun perlu diketahui. Sebab tak sedikit bahan tambahan yang juga bisa diperoleh dari hewan disamping dari tumbuhan, misalnya vitamin, mineral, asam amino, dan flavor. Mengenai kondisi tersebut, Muti Arintawati berpesan agar konsumen lebih cermat dalam memilih susu. Selain memperhatikan kode produksi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), pastikan bahwa susu yang dikonsumsi adalah susu yang telah dijamin kehalalannya. Cara paling mudah untuk memilih susu yang telah bersertifikat halal adalah dengan melihat label halal pada kemasan susu tersebut.

Mengingat betapa vitalnya memilih susu yang sehat dan halal, maka informasi mengenainya juga harus banyak tersebar luas. Nah, di tengah era modern saat ini, di mana serba-serbinya berbasis teknologi cepat dan mudah seperti internet, otomatis semua yang ada dalam internet sangat efisien jika dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi tentang susu halal yang sehat untuk pertumbuhan anak. Termasuk salah satunya melalui blog, apalagi jumlah blogger khususnya di Indonesia ini sudah banyak dan terus meningkat. Tentu akan menjadi suatu kebanggan tersendiri manakala semua blogger mau berbagi mengenai susu halal yang sehat bagi proses tumbuh kembang anak melalui blognya.

Referensi:


halalmui.org


ibudanbalita.com


frisianflag.com


TAGS Susu inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak


-

Author

Follow Me