Dari Internet Sehat Jadi Hebat, Dari Dunia Maya Jadi Nyata

28 Nov 2010

Sudah tidak asing lagi kiranya bila mendengar kata internet. Yah, internet. Sesuatu yang tak bisa disentuh namun dapat dirasakan manfaatnya. Sejak kemunculannya, internet memang seolah-olah dibarengi oleh paksaan. Terbukti dari kecepatan waktunya yang kilat dalam menggaet banyak pengguna. Meskipun disadari hal tersebut bukan hanya tuntutan zaman, tapi juga manusianya itu sendiri. Karenanya, dari yang mulanya cuma dapat diakses melalui PC (computer), kini sudah terbilang canggih setelah mampu dimanfaatkan lewat media yang kecil mungil, yaitu HP.

Sehaluan dengan fenomena diatas, masalah pada apa itu yang bernama internet, juga turut serta tumbuh dan berkembang. Dalam konteks ini, main tidak sehatlah yang dimaksud. Dimana sebetulnya kondisi serupa itu mesti dihindari. Lalu bertindak sebaliknya, yaitu berusaha untuk memaksimalkannya secara sehat. Dengan jalan, menghindari mengakses dan coba-coba meng-upload segala sesuatu yang bersifat sara, saru, porno, kekerasan, dan hal negatif lainnya, serta tidak melakukan aktivitas via internet yang nantinya akan menjatuhkan ataupun merugikan pihak lain.

Dilain sisi, bagi anda yang mengidam-idamkan manfaat lebih spektakuler lagi dari berinternet sehat, semisal cerdas, terkenal, eksis, narsis dari dan didunia maya, atau bahkan kaya. Internet juga telah menyediakan sarananya. Baik itu melalui jejaring sosial, website dan blog, serta media lainnya seperti search engine. Bila ditelisik lebih lanjut dari media jejaring social, sebagaimana facebook, twitter, foursquare, dan lain-lain itu sebenarnya dapat menjadi alat untuk mempublikasikan artikel, foto, video, atau cerita tentang kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, berarti impian untuk eksis dan narsis berkemungkinan besar akan terwujud. Situasi serupa ini tentu dipengaruhi oleh predikat jejaring sosial yang merupakan situs amat laris dialam perinternetan. Jadi, apapun yang dishare melaluinya lebih mudah dilihat orang. Karena itu pula, agaknya perlu ditekankan kembali konsep berinternet sehat, untuk selalu menyebarkan hal-hal bersifat positif didalamnya. Sedangkan yang lebih menjanjikan lagi, ialah menjadikan jejaring sosial sebagai media iklan. Namun bukan berarti kita membayar pada si pembuat jejaring sosial itu, kemudian baru bisa iklan. Melainkan dengan membuat akun, yang selanjutnya diisikan iklan atau promosi, entah itu dalam bentuk gambar, tulisan, video, ataupun games.

Seperti halnya jejaring social, via web dan blog pun dapat dipakai sebagai media ampuh untuk mempromosikan hasil karya, khususnya gambar, artikel, dan juga video. Yang mana, nantinya `produk` itu akan dapat diakses oleh milyaran orang dari seluruh belahan dunia. Tidak lepas dari itu, bilamana apa yang kita sebarkan lewat web dan blog pada dunia tersebut merupakan sesuatu yang menarik dan tiada mengandung unsur negatif, sehingga kemudian mampu menyedot banyak pengunjung, maka bukan hal mustahil seketika blog atau web anda akan kebanjiran permintaan iklan. Dan bisa dirasakan nanti hasil yang begitu menggiurkan. Anda jadi terkenal nan banyak uang. Persuasi ini tidak hanya ditujukan kepada orang-orang bergelar IT Master. Akan tetapi semua kalangan. Sebab jika kesulitan membikin website, sekarang sudah banyak situs yang menyediakan tempat untuk membuat blog, bahkan dengan sentuhan-sentuhan bisa dibuat kayak website.

Beralih pada sesuatu yang tak bisa dipalingkan dari jagat internet, yakni search engine. Tergolong hal baru memang. Bagaimana mungkin sesosok search engine mampu mencetak manusia kian hebat. Tapi ternyata pernyataan itu benar. Faktanya, selain dapat mempermudah proses pencarian informasi, search engine juga lebih efisien dipakai untuk mengikuti kabar-kabar terkini dari segala penjuru dunia, serta sebagai sarana efektif guna memperoleh segudang ilmu-ilmu pengetahuan, terutama di zaman yang menuntut manusia untuk bergerak cepat seperti sekarang.

Nah, yang menjadi sebuah ironi, kini berinternet secara tidak sehat bukan hanya mulai lahir, namun juga menjadi kebiasaan. Banyak kasus penculikan dan penipuan via jejaring sosial, mengcopy-paste hasil karya orang lain di internet tanpa izin pemiliknya, tidak menuliskan sumbernya atau yang lebih ngetrend disebut tindak plagiat. Padahal apabila mampu mengoptimalkan internet itu secara sehat, hasilnya justru lebih berlipat-lipat. Tidak hanya menjadikan hebat ilmu dan uangnya, bahkan dapat pula membuka wawasan bahwa berinternet sehat merupakan hal yang mengasyikkan sekaligus menguntungkan. Dan sekali lagi, tidak cuma hebat didunia maya, tapi nyata pun iya. Beraneka jenis inovasi dan inspirasi baru bisa ditemukan, yang kemudian akan menunjukkan arti sebenar-benarnya terhadap fungsi berinternet sehat. Salah besar bila menyebut dengan cara sehat, internet jadi menjenuhkan, karena bisanya ini-ini terus. Banyak hal bernilai emas lainnya di internet yang masih terselib dan kurang mendapat banyak perhatian. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan tidak ada lagi alasan untuk tidak berinternet secara sehat.

Hari gini berinternet tidak sehat, apa kata dunia.????


TAGS Festival BLOG 2010


-

Author

Follow Me